Dyah Argarini

Guru Bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Surabaya. Suka menulis dan membaca apa saja. Mendukung literasi dengan daya dan upaya untuk kemajuan an...

Selengkapnya
JANGAN MENUNGGU

JANGAN MENUNGGU

Menghargai anak tidak harus menunggu mereka melakukan kebaikan kebaikan sesuai harapan kita. Menghargai bukanlah hukum timbal balik, atau aksi dan reaksi. Ia merupakan perbuatan baik dan kita melakukannya seharusnya semata mata karena mengharapkan ridlo Allah SWT.

Kata kata hikmah itu saya ambil dari sebuah tulisan di majalah Al Falah hasil tulisan dari Ustadz Miftahul Jinan, Direktur Griya Parenting Indonesia, Lembaga Training dan Konsultasi Parenting. Membaca tulisan beliau sembari menunggu subuh tiba, membuat saya jadi merenung tentang apa saja yang sudah saya ucapkan terhadap anak saya, dan siswa siswi saya di madrasah. Betapa seringkali yang terucap dari kita adalah perintah dan larangan atau hadiah dan hukuman, misalnya meminta mereka melakukan sesuatu, melarang mereka dari mengerjakan sesuatu, menghukum mereka bila mereka melakukan hal hal yang kita larang atau memberi hadiah apabila mereka telah mendapatkan prestasi/pencapaian yang mengagumkan. Hal hal tersebut adalah tindakan standard yang setiap guru/pendidik sering lakukan.

Jangan menunggu, kata Ustadz Minan. Mengapa kita mesti menunggu anak mencapai prestasi baru kita memberikannya penghargaan? Sebelum ujian, sebagai pengawas ruangan ,kita bisa menyampaikan kepada mereka ," Anak anak, terimakasih sudah hadir tepat waktu, hal ini membuat ibu jadi tahu, bahwa anak anak telah bersungguh sungguh mempersiapkan diri dalam ujian ini. Semoga Allah Swt memberikan kemudahan bagimu dalam mengerjakan. " Terlepas dari ia bisa mengerjakan atau tidak, memperoleh nilai baik atau kurang, alangkah menyejukkan support dari kita bagi mental mereka dalam mengerjakan ujian. Kesiapan mental yang baik akan sangat berpengaruh terhadap hasil usaha mereka.

Maka, marilah kita mulai dari diri sendiri me lakukan hal yang sederhana berupa ucapan terimakasih atas kebaikan yang anak lakukan tanpa perlu menunggu mereka menjadi juara. Berikan penghargaan kepada anak berupa ucapan terimakasih saat mereka melakukan hal hal biasa misalkan datang tepat waktu, memakai baju seragam sekolah dengan benar, atau tersenyum dan mendahului mengucapkan salam untuk mereka.

Semoga anak anak kita menjadi orang yang bisa menghargai orang lain meski itu dalam hal hal yang sederhana.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sangat inspiratif dan memotivasi

01 Nov
Balas

Terimakasih, sudah mampir membaca, pak Wasto

02 Nov

Inspiratif, Bunda. Benar sekali ... kenapa tidak kita lakukan? Salam sukses ..

09 Nov
Balas

Terimakasih, bu Vika, Salam sukses untuk bu Vika

12 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali