Dyah Argarini

Guru Bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Surabaya. ...

Selengkapnya
HAFALAN SURAH

HAFALAN SURAH

Kegiatan pembiasaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Surabaya sangat beragam. Mulai dari kegiatan yang dilakukan harian seperti sholat berjamaah, kegiatan mingguan misalnya apel hari Senin sampai yang dilakukan secara incidental, tanpa ada ketentuan waktu namun target pencapaiannya jelas. Salah satunya adalah mewajibkan siswa untuk menghafal Surah surah tertentu di dalam Al Qur'an sebagai syarat pengambilan raport di akhir tahun ajaran.

Program ini bermula dari keinginan madrasah agar para siswa madrasah memiliki kompetensi tahfidz Qur'an sebagai wujud nyata dari penguasaan kompetensi spiritualnya. Tentu saja aktivitas ini tidak bisa berjalan bila tanpa dukungan dari semua pihak. Oleh karenanya Madrasah menugaskan beberapa orang guru yang memiliki kesanggupan dan kemampuan untuk menerima dan membimbing siswa dalam hafalan surah.

Hafalan surah ini diterapkan kepada seluruh tingkatan siswa baik kelas 7, 8 maupun 9. Kelas 7 berkewajiban menghafal Juz 30 sebagai syarat pengambilan raport mereka. Separuh Juz 30 lainnya dihafal di semester 1 dan separoh lagi harus dikuasai di semester 2. Kelas 8 memiliki tugas untuk menghafal surah Yasin di semester 1 dan surah Al Waqi'ah di semester 2. Sedangkan kelas 9 di semester 1 harus bisa menghafal Surat Ar Rohman dan di semester 2 harus mampu menghafal surah Al Mulk.

Siswa menghafal dengan sistem setoran minimal 5 ayat per tatap muka. Oleh karenanya di dalam lembar setoran hafalan per lima ayat harus di paraf dan dinilai oleh guru pembimbing juga di tanda tangani oleh orang tua/walisiswa. Setoran dilakukan tidak secara harian namun tergantung kesiapan siswa yang bersangkutan dalam menghafalnya. Setahun adalah waktu yang dirasa lebih dari cukup bagi para siswa dari kelas 7 sampai dengan 9 untuk menghafalkan surat surat yang menjadi tanggung jawabnya tersebut.

Alhamdulilah, sudah banyak siswa yang berhasil menghafal surah sebelum deadline atau tenggat waktu yang ditentukan. Meskipun begitu ada juga siswa yang belum berhasil menyelesaikannya sama sekali. Hal ini seringkali dialami oleh siswa kelas 7. Oleh karenanya khusus untuk anak anak tersebut perlu diberikan waktu tambahan lebih banyak guna belajar membaca Al Qur'an. Penyebabnya utamanya adalah latar belakang pendidikan mereka yang bukan berasal dari madrasah ibtidaiyah sehingga perlu waktu lebih lama untuk menyesuaikan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Siip terus menulis

14 May
Balas

Terimakasih supportnya, pak Icu

14 May

alhamdulillah semoga istiqamah ( al-Istiqamatu afdlalu min alfi karomah)

14 May
Balas

Aamiin, mohon doanya, Ustadz

16 May

Membentuk siswa disiplin, bertanggungjawab serta membangun generasi qur'abu

16 May
Balas

Membentuk siswa disiplin, bertanggungjawab serta membangun generasi qur'any

16 May
Balas

Tujuan kami seperti itu, pak, mohon doanya, semoga kami bisa istiqomah

16 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali