Dyah Argarini

Guru Bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Surabaya. ...

Selengkapnya
Mengapa Disharmonious?

Mengapa Disharmonious?

Beberapa hari yang lalu saya berbincang dengan teman tentang pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer atau disingkat dengan USBN-BK. Karena untuk tahun ini pemerintah kota atau pemerintah daerah tidak membantu pembiayaan pelaksanaan USBN-BK maka seluruh pembiayaan ujian diambilkan dari dana BOS yang merupakan salah satu sumber biaya operasional satuan pendidikan.

Ada beberapa item yang membuat kami berbeda 'tafsir' tentang bisa tidaknya seluruh item pembiayaan USBN-BK diambilkan dari BOS. Saya rasa saya bisa memahami pendapatnya bahwa tidak semua item pelaksanaan ujian bisa dibiayai oleh BOS. Sedangkan saya dengan keheranan saya tetap bersikukuh harusnya BOS bisa membiayai seluruh item yang disebutkan dalam POS (Prosedur Operasional Standar) USBN mulai dari hal hal yang sifatnya administratif, biaya transportasi, konsumsi, honorarium proktor dan teknisi, termasuk honorarium pengawas dan kepanitiaan karena secara gamblang seluruh komponen yang bisa dibiayai oleh Satuan pendidikan tersebut tertera dalam POS USBN yang dikeluarkan oleh BSNP pada Bab XV halaman 51. Namun sayangnya, pada petunjuk Teknis Penggunaaan BOS tidak disebutkan secara jelas bahwa komponen tersebut bisa dicover oleh BOS. Akibatnya, terjadi 'missmatch' atau ketidakcocokan antara POS dan Juknis BOS yang ada, sehingga Satuan Pendidikan tidak berani membiaya beberapa komponen sebagaimana yang tercantum dalam POS.

Menjadi sebuah tanda tanya mengapa sebuah aturan atau prosedur tidak sesuai dengan aturan yang lain. Apakah ini hanya sebuah miskomunikasi antar institusi atau lembaga, dalam hal ini si pembuat Juknis BOS dan pembuat POS, sehingga terkesan kurangnya koordinasi antar lembaga pembuat peraturan? Ataukah Satuan pendidikan yang tidak bisa menafsirkannya? Wallahu a'lam bishawab. Semoga pada pelaksanaan Ujian di tahun depan para pihak pembuat kebijakan lebih mencermati isi peraturan yang dibuatnya sehingga tidak lagi terjadi 'disharmony' antara peraturan yang satu dengan lainnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Jangan ada dusta diantara kita...njih bunda ?.Salam sukses selalu untuk bunda. Baarakallah.

14 Apr
Balas

Aamiin, inggih bu, jangan ada PHP diantara kita..hhh,, sukses selalu juga untuk bu Raihana.

15 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali