Dyah Argarini

Guru Bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Surabaya. ...

Selengkapnya
MENGAPA HARUS MELEPAS SEPATU?

MENGAPA HARUS MELEPAS SEPATU?

Sambil menunggu anak anak mengerjakan soal olimpiadenya, saya coba melihat ulang video yang di share oleh America Verse beberapa hari yang lalu. Memang saya sengaja menyimpannya karena saat itu saya berpikir suatu saat nanti jika ada waktu saya ingin menulisnya di Gurusiana. Isinya sangat menarik menurut saya, karena berbicara tentang culture / budaya. Terutama budaya orang orang Amerika yang suka berat hati melepas sepatunya bila memasuki rumahnya.

Kita tahu, 'simbah simbah' kita dulu, bila melakukan sesuatu pasti ada alasannya. Dulu kita diajarkan untuk melepaskan sepatu atau alas kaki ketika hendak masuk rumah atau surau. Dan biasanya didepan rumah, terutama di desa desa disediakan air untuk mencuci kaki bila hendak memasuki rumah pribadi. Apalagi bila rumahnya adalah rumah panggung yang lantainya dari papan kayu. Hanya saja kita yang merasa modern ini, menganggapnya sebagai sesuatu yang old yang sudah ketinggalan jaman dan tak perlu lagi tradisi itu kita pertahankan. Seperti yang satu ini, yakni melepas alas kaki/sepatu saat memasuki rumah.

Akhir akhir ini kebiasaan memakai alas kaki saat masuk rumah atau ruangan sepertinya sudah bukan hal yang aneh lagi. Orang orang kota utamanya, seringkali tidak melepas sepatunya saat memasuki rumah, baik rumah sendiri maupun rumah orang lain. Bersyukurlah bagi kita yang masih mempertahankan tradisi itu karena ternyata ada alasan yang ilmiah dibalik lepas sepatu.

Penelitian baru baru ini mengungkapkan bahwa ternyata di sepatu kita mengandung banyak sekali kuman. Ada rata rata 421.000 bakteri yang menempel di sepatu kita, dan bakteri bakteri tersebut biasanya juga akan menempel pada benda apa saja yang kita injak.

Dari penelitian juga diketahui bahwa 39 % sepatu yang diteliti telah dihuni oleh bakteri C. Diff yang dengan cepat akan berkembang biak lebih banyak lagi. Yang berbahaya adalah bakteri ini semakin resistant terhadap obat obatan antibiotik. Bisa dibayangkan seandanya bakteri ini menyerang manusia. Selain itu, ditemukan juga bahwa ada 27 % sepatu tersebut di'huni' oleh bakteri Entamoba Coli yang dapat menyebabkan infeksi lambung bahkan meningitis radang selaput otak.

Bakteri yang menempel pada sepatu kita itu biasanya karena seringnya kontak dengan lingkungan luar yang tidak higienis. Ambil contoh saja, bakteri Entamoba Coli. Biasanya bakteri tersebut dapat dengan mudah kita temukan di tempat tempat umum misalnya restroom kamar mandi umum. Ada sekitar 2 juta bakteri di setip inci persegi lantai kamar mandi umum.

Tidak hanya bakteri, yang lebih membahayakan lagi adalah di sepatu kita juga menempel zat zat kimia yang berbahaya misalnya aspal, gasoline, ataupun pupuk kimia yang merupakan zat zat yang beracun yang berdampak buruk bagi kesehatan dan kebersihan badan kita.

Jadi ternyata tradisi lepas sepatu itu hal yang sangat baik karenanya, mari kita lepaskan sepatu kita bila memasuki rumah tinggal kita maupun rumah orang lain. Karena selain untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri, hal itu juga merupakan bentuk respect terhadap hak hidup sehat dan bersih dari orang lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali