Dyah Argarini

Guru Bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Surabaya. ...

Selengkapnya
MENULIS JUGA KARYA

MENULIS JUGA KARYA

Menulis adalah kegiatan menyampaikan ide, pikiran, pendapat, ataupun imajinasi kepada orang lain dalam bentuk tulisan. Karena berbentuk tulisan maka kemungkinan tulisan kita akan dibaca oleh banyak orang dengan berbagai macam latar belakang. Sehingga kadang memberikan pengaruh yang berbeda kepada mereka karena perbedaan tersebut, baik profesi, pola pikir, background knowledge, pendidikan, kepribadian dan lain lain.

Sebagai penulis pemula, saya suka mengirimkan artikel saya kepada rekan rekan saya mulai dari teman smp saya dulu, rekan sma, kepala madrasah, rekan guru bahasa inggris, pengusaha, ibu rumah tangga, rekan saya yang militer. Tentu saja mereka punya personality yang berbeda beda. Saya merasa senang sekali bila artikel saya dibaca. Perasaan yang manusiawi lah. Rekan rekan penulis pemula seperti saya pasti pernah merasakannya bagaimana bila artikel pertamanya ada yang membaca. Rasanya dunia seperti milik saya dan HP saya. Karena srjak menulis saya tak bisa berlepas diri dari HP kesayangan saya. Hhhh.

Nah, Ini adalah beberapa komentar rekan rekan penulis saat tulisan saya di blog gurusiana ini saya kirimkan kepada mereka. Saat artikel saya kirim kepada teman sesama penulis, komentar yang disampaikan. "Ayo, terus menulis, tetap berlatih, sampai nanti bisa menjadi sebuah buku. " Wah, hati rasanya bersemangat, termotivasi untuk lebih banyak menulis artikel lagi.

Selanjutnya saya kirim tulisan saya di grup rekan rekan SMP. Salah satu diantara mereka mengatakan, "rajin menulis ya Mik?" Saya jawab," Iya, maaf kalau kiriman saya mengganggu." "Sama sekali tidak, Mik,," teriring satu jempol buat saya.

Di grup SMA mengomentari salah satu artikel saya yang berjudul Tetap semangat di Ujian yang Panjang, salah seorang teman berkata, "Panjangnya seberapa, cik Guuu?? " Rekan yang lain menyahut, "Tak terjangkauuu. " Yang lain menimpali, "Unlimited". Saya tertawa waktu membaca WA mereka keesokan paginya. Begitulah, teman teman memang suka bercanda. Mereka teman teman yang menyenangkan. Membuat saya semakin suka menulis.

Kepala madrasah saya menyemangati saya untuk terus menulis dengan menyarankan saya menterjemahkan buku bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia, atau Buku bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. "Banyak hal disekitar kita yang bisa di tulis, bu. " begitu kata beliau. Benar, memang banyak hal di sekitar kita yang bisa ditulis yang sekiranya bermanfaat untuk para pembaca.

Namun ada juga teman yang berbeda cara menyemangatinya. Ia mengatakan, "Saya tidak punya waktu untuk menulis konsep seperti itu. Sudah terlalu banyak konsep di kepala saya. Apa yang anda tulis itu sudah ada dipikiran saya sejak lama. Saya mengerjakan yang nyata nyata. Tidak perlu yang ndakik ndakik. Pikiran saya sederhana saja, memperbaiki yang ada, ada tembok yang kusam saya cat, ada keramik yang pecah saya tambal, kamar mandi yang hanya sedikit saya tambah."

Begitulah, orang memang berbeda dalam menanggapi sesuatu. Ada yang pro ada yang kontra, ada yang mengapresiasi ada juga yang mengkritisi. Bagi saya, apresiasi dari pembaca adalah motivasi penambah semangat untuk terus berkarya dan kritik merupakan energi untuk membuktikan bahwa hasil karya itu tidak hanya sekedar yang tampak oleh mata namun juga apa yang dirasa oleh hati dan perubahan pola pikir ke arah yang lebih baik lagi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ternyata yang kita rasakan sama bunda. Semangat...semangat. Salam sukses selalu. Baarakallah...bunda.

15 Apr
Balas

Inggih, bu, terimakasih supportnya. Salam sukses selalu juga untuk bu Raihana

16 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali